Abstraksi

Jurnal ini dimaksudkan untuk membahas hal yang berkaitan dengan manajemen jaringan lalu lintas. Enterprise menengah dan besar berasumsi bahwa mereka harus mengawasi jaringan lalu lintas untuk memastikan bahwa strategi mereka selalu mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil optimal. Lalu lintas jaringan membutuhkan alokasi bandwidth yang bijak, seperti menjamin bandwidth minimum, prioritas tinggi atau rendah masing-masing user, dan lain-lain. Hal ini disebut Manajemen Jaringan Lalu Lintas.

Pendahuluan
Jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi data sistem yang berhubungan dengan sistem komputer di berbagai situs yang berbeda. Sebuah jaringan dapat terdiri dari kombinasi LAN, atau WAN. Ada banyak pertukaran informasi pada jaringan dalam bentuk permintaan, respon dan kontrol data. Data ini pada dasarnya dalam bentuk paket yang berlalu-lalang di jaringan. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam kegiatan komunikasi. Pada akhirnya menghasilkan kemacetan di jaringan. Ini adalah contoh sederhana Lalu Lintas Jaringan. Lalu lintas jaringan dapat menjadi beban pada perangkat komunikasi dan sistem. Lalu lintas pada jaringan kini telah mengakibatkan enterprise menengah dan besar menyadari bahwa mereka harus mengontrol perilaku lalu lintas jaringan untuk memastikan bahwa aplikasi strategis mereka selalu mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan agar sistem berjalan secara optimal.


Teknik Untuk Mengukur  Lalu Lintas Jaringan
Salah satu cara termudah untuk memahami Lalu Lintas Jaringan untuk mempertimbangkan analogi dengan lalu lintas jalan. pertimbangkan bahwa ada keadaan darurat dan seseorang telah jatuh sakit dan harus dilarikan ke rumah sakit. Tapi ketika ambulans mencoba untuk membuat jalan melalui jalan kota, ia menemukan jalan benar-benar diblokir dengan mobil dan bus. Solusi untuk situasi ini akan untuk seorang polisi lalu lintas untuk masuk dan mengelola lalu lintas. Dia pertama kali akan mengukur lalu lintas, dan kemudian memprioritaskan lalu lintas. Ambulans akan mendapatkan prioritas tertinggi dan jalan akan dibuat kosong untuk ambulans untuk lulus. Serupa halnya dengan Lalu Lintas Jaringan. Ketika Anda mengirim permintaan pada jaringan,
karena beberapa masalah atau permintaan lain anda harus menunggu untuk beberapa waktu. Jika selama periode waktu jumlah paket mengantri dan menunggu maka menghasilkan lalu lintas. Setelah lalu lintas dibuat, Anda harus menunggu sampai selesai,yang dapat untuk waktu yang lama, tergantung pada situasi. Jadi, harus ada beberapa cara untuk menangani situasi ini. Solusi untuk ini adalah Manajemen Jaringan Lalu Lintas dan prosesnya dimulai pertama dengan mengukur lalu lintas pada jaringan.

Alasan Untuk Mengukur Lalu Lintas Jaringan
Berikut ini adalah alasan mengukur lalu lintas jaringan :
  • Layanan pemantauan.
  • Jaringan perencanaan.
  • Biaya pemulihan.
  • Penelitian.
Lalu Lintas Internet
Metrik kinerja dasar lalu lintas internet bisa terdaftar sebagai :
  • Packet loss
  • Keterlambatan
  • Throughput
  • Ketersediaan

Pengendali Untuk Pengukuran
Ada beberapa pengendali lain yang berkaitan dengan persyaratan pengukuran, yaitu :
  • Harga
  • Tingkat Perjanjian Layanan
  • Baru layanan
  • Aplikasi
Jaringan Pengukuran Lalu Lintas
Manajemen lalu lintas ditempatkan di WAN pada situs perusahaan. Disinilah LAN berkecepatan tinggi memenuhi link akses yang lebih rendah dari kecepatan WAN. Persimpangan LAN/WAN adalah jalur internet dan lalu lintas masuk dan keluar intranet perusahaan. Membatasi atau memblokir sumber daya jaringan yang tersedia untuk lalu lintas sembrono atau tidak diinginkan meningkatkan kinerja ERP, CRM, dan lainnya. Selain pemantauan lalu lintas di tepi jaringan, ada masalah performa murni untuk dipertimbangkan. WAN biasanya lebih lambat dari LAN karena alasan anggaran. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah sebagian besar aplikasi telah dikembangkan untuk berjalan di LAN. Jaringan lokal pada umumnya bebas dari kemacetan dan di bawah kontrol dari sebuah departemen IT internal. Tidak hanya link akses WAN lebih lambat, tetapi layanan WAN juga dapat jatuh di bawah linkup manajemen penyedia jaringan ganda. Mengatur lalu lintas di segmen jaringan membantu organisasi terdistribusi yang bergantung pada WAN untuk melayani pengguna remote dengan sumber daya yang terpusat. Dalam kebanyakan kasus, jaringan administrator menggunakan GUI untuk mengatur parameter untuk beberapa bisnis penting.


Analisis Lalu Lintas
Setelah pemantauan berturut-turut selama beberapa tahun, LAN dan WAN telah terlihat mengikuti pola yang berbeda.


Manajemen Lalu Lintas
Melihat gambar di bawah ini akan membuat pemahaman yang lalu lintas jaringan sebelum dan setelah dikelola lebih jelas. Angka ini adalah penggambaran media transmisi. Misi aplikasi kritis yang tersisa dengan hanya sekitar 40% bandwidth yang artinya mungkin akan ada penundaan dalam transmisi data atau pengolahan transaksi. Di sinilah peran manajemen lalu lintas.
          Pengguna dapat mengambil keputusan mengenai berapa banyak jumlah bandwidth yang ia ingin dijaga khusus untuk misi kritis aplikasi dan kemudian sisanya dapat digunakan untuk yang lain. Kita dapat melihat bahwa lalu lintas telah dikelola sedemikian rupa sehingga maksimum bandwidth yang (hampir 70%) telah disediakan untuk misi kritis aplikasi. 5% dari bandwidth tidak digunakan. Aplikasi normal dibiarkan dengan hanya sekitar 25% dari bandwidth.


Kesimpulan
Dengan adanya manajemen lalu lintar jaringan, kita dapat menentukan mana yang lebih diprioritaskan dan tetap menjaga kualitas jaringan di lingkungan enterprise.

0 komentar:

Poskan Komentar

Memuat...