Halo semua. Sebagai seorang anak yang berkecimpung di dunia informasi sudah layak dan sepantasnya untuk menulis hal seperti ini. Saya akan memberi sedikit pengertian tentang HyperTransport dan beberapa teman - temannya.

HyperTransport adalah arsitektur interkoneksi antarchip untuk menghasilkan latensi terendah, bandwidth tertinggi, fleksibiltas dalam desain, performa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki dukungan luas terhadap arsitektur interkoneksi lain.

Teknologi HyperTransport didesain agar para desainer dapat membangun sistem yang bebas dari hambatan pemrosesan serta bottleneck pada interkoneksi data. Pada komputer berbasis AMD, jalur HyperTransport tersedia hubungan antara prosesor dengan
chip northbridge, chip northbridge dengan southbridge, dan sebaliknya. Kini HyperTransport bekerja sebagai front side bus yang terintegrasi secara penuh, yang akhirnya membuat desainer dapat membagun sistem tanpa membutuhkan fungsi northbridge.

Contoh lain penggunaan teknologi HyperTransport adalah pada sistem Apple G5.
Di sini interkoneksi HyperTransport digunakan sebagai jalur yang yang menghubungkan PCI, PCI-X, USB, Firewire, yang saling berhubungan pada sistem.

Dengan dikembangkannya teknologi ini, HyperTransport akan terus menjadi solusi interkoneksi antarchip dan antarboard yang mamiliki performa tertinggi serta latency terendah.

Sebelum disebut dengan nama HyperTransport, teknologi yang diperkenalkan pada 2 April 2001 ini sebelumnya dikenal dengan Lightning Data Transport (LTD). HyperTransport sendiri dipromosikan dan dikembangkan oleh HyperTransport Technology Consortium dan selain digunakan pada sistem berbasis AMD, digunakan juga pada sistem berbasis prosesor x86 Transmeta.

Selain dua produsen di atas, anggota konsorium HyperTransport lainnya adalah PMC-Sierra, Broadcom, dan Raza Microelectronics dari bidang MIPS microprocessors, ATi, nVidia, VIA, SIS, ULi/ALi, Apple Computer, dan HP dari bidang PC dan chipset, Sun Microsystems, IBM, dan IWill dari bidang server, Cray, Newisys, dan PathScale dari bidang high performance computing, serta Cisco Systems dari bidang router. Satu nama besar yang tidak ikut serta di sini adalah Intel, yang sampai saat ini masih menggunakan shared bus architecture.

Sekian dulu tentang HyperTransport. Sebenernya sya juga ga ngerti apa maksudnya, namanya juga berbagi pengetahuan kepada sesama.

0 komentar:

Posting Komentar