(Dosen Pengampu : Renny)


Saya senang dengan kepedulian masyarakat kepada orang yang mengalami kesulitan dengan memberikan dukungan dan membantunya dengan ikhlas. Contohnya adalah kasus Prita. Kita tahu bahwa Prita memiliki masalah dengan rumah sakit Omni atas pencemaran nama baik. Entah siapa yang mempublikasikan curhat Prita kepada temannya via email yang dianggap sebagai pencemaran nama baik rumah sakit tersebut. Namun masyarakat tahu siapa yang benar. Kemudian munculah dukungan ada Prita dengan cara mengumpulkan uang koin yang akan digunakan untuk membayar ganti rugi atas pencemaran nama baik. Alasan menggunakan koin karena koin mudah diberikan oleh masyarakat dan sebagai tanda mengejek. Uang koin itupun diserahkan kepada Prita, namun Prita tidak langsung menggunakan uang tersebut untuk kebutuhannya, namun ia meminta izin kepada masyarakat karena itu bukanlah uang miliknya melainkan milik masyarakat. Sungguh pribadi yang memiliki kesadaran dan sosialisasi yang tinggi.
Ada juga kepedulian yang diberikan masyarakat kepada seorang bayi yang harus berobat ke negeri sakura untuk dicangkok hatinya karena terjadi kelainan pada hatinya. Nama bayi itu adalah Bilqis, anda pasti tahu bila melihat berita di televisi. Rasa kebersamaan dan tenggang rasa yang dimiliki rakyat Indonesia dapat menciptakan kesatuan untuk melakukan suatu hal yang mulia dan baik.
Seandainya setiap masalah dan ketidakadilan yang terjadi di tanah air dapat dirundingkan bersama dengan kepala dingin dan pengambilan keputusan yang matang tanpa dipengaruhi oleh pihak manapun, maka terwujudlah Pancasila sila kelima, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar