Transaksi Semi Online

Zaman sekarang e-commerce banyak diminati para pengusaha dari berbagai macam bidang. Saya ingin menjelaskan salah satu website e-commerce yang ada di Indonesia dan bisa dibilang sudah suskses di bidangnya, yaitu rakitan.com. Website ini membantu para pelanggan maupun pembeli lain untuk melihat berbagai macam daftar barang mengenai computer dan perlengkapannya, menjual satu paket computer yang tentunya lebih murah untuk dibeli daripada membeli satuan bagi orang yang ingin membeli satu paket PC baru, dan lain-lain.
Di bagian homepage, kita disuguhi oleh paket-paket menarik yang disediakan oleh rakitan.com. Paket-Paket tersebut dispesifikasikan berdasarkan vendor atau satu merk tertentu, seperti AMD atau Intel (dua perusahaan besar yang bersaing dalam bidang prosesor). Untuk harga dari paket tersebut, anda dapat menghubungi nomor telepon yang tercantum di bawah menu utama untuk mencapai kesepakatan harga yang cocok bagi kedua belah pihak.
Berikutnya adalah menu utama yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Menu Daftar Harga adalah menu yang menampilkan berbagai macam harga dari berbagai macam produk. Harga disesuaikan dengan merk dan tipe dari produk. Semakin canggih dan semakin terbarunya produk, maka harga akan semakin tinggi. Namun harga yang tinggi bukan berarti yang cocok untuk keperluan anda. Mungkin anda dapat berkonsultasi dengan pihak penjual atau teman yang berkecimpung di bidang perlengkapan computer, jangan lupa beritahu budget anda agar perlengkapan yang dibeli mencapai hasil yang maksimal. Untuk harga anda juga dapat membandingkan dengan website lain agar tahu harga yang pas untuk perlengkapan yang anda cari, seperti sigmakomputer.com. Namun harga adalah hal yang sangat sensitif, maka dari itu harga dapat berubah kapan saja tanpa peringatan terlebih dahulu, hal ini sudah diperingatkan oleh pihak penjual.
Simulasi adalah menu yang berperan seperti kalkulator. Dari barang-barang yang anda pilih dapat diketahui totalnya, sehingga anda tidak perlu repot untuk mengambil kalkulator dan menghitung sendiri. Mungkin hampir dari semua produk yang dijual oleh toko ini ada di daftar dari masing-masing jenis perlengkapan. Jenis-jenis perlengkapannya adalah produk promo (produk yang mendapat potongan harga), Intel LGA775 (prosesor intel kelas menengah ke bawah dari Celeron, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Core 2 Quad), Intel Core i3 / i5 / i7 11xx (prosesor dari intel kelas menengah ke atas), Intel Core i7 1366 (prosesor dari intel kelas atas), prosesor AMD dari AMD Socket 2, AMD Socket 3, Memory DDR 1, DDR 2 dan DDR 3, Harddisk, VGA, Casing, power supply, berbagai macam pendingin untuk berbagai macam perlengkapan computer, optical drive, mouse dan keyboard, mouse pad, monitor, PCI Card, Sound Card, Speaker, TV Tuner, Speaker, USB Flash Disk, Hard Disk Internal 2.5 inci, Hard Disk External 2.5 inci dan 3.5 inci, Printer, Scanner, Tinta, Stabilizer, meja computer, headset/headphone, webcam, WiFi, Software, dan lain-lain. Untuk lebih jelas mengenai menu ini, anda dapat mencobanya langsung dengan mengunjungi website rakitan.com.

Gambar adalah menu yang menampilkan berbagai macam model dari produk-produk yang dijual. Anda dapat melihat spesifikasi dari barang yang ingin dibeli agar ukurannya sesuai dengan casing computer anda.
Lokasi adalah peta Mangga Dua Mall yang menunjukkan tempat dimana Quantum Computer berada. Bagian ini hanya menunjukkan hal itu saja.
Menu pemesanan adalah cara pemesanan barang yang telah anda pilih. Disini dijelaskan bagaimana cara memesan yang benar. Cara pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer melalui rekening BCA dengan nomor rekening yang sudah tertera.
Untuk pemesanan di wilayah Jakarta anda dapat langsung datang ke lokasi seperti alamat yang tertera di atas, dan langsung bertransaksi di toko atau bila tidak sempat datang, transaksi dapat dilakukan dengan cara order via telephone. Setelah deal anda diharuskan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan negosiasi tersebut ke rekening yang tercantum dan konfirmasikan secepatnya. Untuk ongkos kirim dapat langsung ditanyakan ke pihak penjual. Pengiriman barang bisa melalui jasa TIKI, TIKIJNE GED, atau jasa pengiriman lainnya. Untuk pemesanan di luar wilayah Jakarta dapat mengikuti prosedur seperti yang sudah diberitahukan di website beserta ketentuan pengirimannya.
Konfirmasi adalah bagian yang harus diisi bila anda sudah setuju dengan harga yang sudah dinegosiasikan dengan pihak penjual.
Dan yang terakhir adalah menu Kontak Kami. Menu ini untuk menyampaikan pesan anda ke pihak penjual. Mungkin untuk melakukan negosiasi harga, menanyakan stok barang, dan sejenisnya yang berkaitan dengan transaksi pembelian barang.

0 komentar:

Posting Komentar